Nov 20, 2017

Marlina (2017) : Film Koboi Citarasa Lokal


Saya tertarik untuk menonton film ini adalah karena tema yang tidak biasa di perfilman Indonesia. Ya tentu saja suasana old west di lokasi sumba yang terkenal akan padang rumput yang luas serta berbukit-bukit, seolah nampak bagai daerah film old west. Untuk ceritanya sendiri adalah seorang janda yang menjaga harta dan harkat dari buruan 7 perampok kejam. Alasan merampok karena Marlina (Marsha Timothy) baru saja ditinggal suaminya meninggal sehingga, dia tidak mampu membayar biaya pemakaman. Selain itu anak yang baru tujuh bulan dikandungnya terlebih dahulu meninggal, sehingga dia sangat kesulitan untuk membayar utang. Karena itu perampok yang dikomandoi oleh Markus (Egi Fedli) hendak merampok ternak serta 'merampok' kesucian Marlina.

Bagian menarik dari film ini adalah pembagian film menjadi 4, seperti yang terletak pada sub judul film. Bagian-bagian film tersebut mengingatkan saya pada film-film karya Tarantino (Kill Bill, Django Unchained dsb). Serta adanya bagian pengakuan dosa dan drama mengingatkan trilogi Mariachi karya Rodriguez. Saya rasa Garin Nugroho memilih Mouly Surya sebagai sutradara adalah alasan yang tepat. Mengingatkan pada karya fiksi. (2008) karya Mouly Surya berkongsi dengan Joko Anwar. Kedua film Mouly Surya tersebut sama-sama bertema feminisme dan the power of woman.
Sebenarnya film ini adalah buah pikir Garin Nugroho, hanya saja beliau merasa bila film ini lebih tepat bila dikerjakan oleh wanita, agar feelnya lebih terasa. Untuk pecinta film secara umum, janganlah takut pada tema thriller atau suspend pada film ini, karena ada adegan-adegan konyol. Polisi bermain ping pong di polsek, tips dan trik mempermudah kehamilan oleh mama-mama tua adalah beberapa adegan konyol yang terdapat pada Marlina.

Apakah film ini direkomendasikan?

Tentunya bagi pecinta alur lambat, feminisme, suspend, thriller sangat direkomendasikan. Namun, bagi pecinta action, alur yang cepat serta drama khususnya drama percintaan sebaiknya berpikir ribuan kali sebelum menonton film ini




Skor : AAA

No comments:

Post a Comment