Oct 13, 2016

Apa itu Khalifah & Mengapa saat ini tak Bisa diterapkan

Menyambung dari tulisan sebelumnya tentang beda demokrasi & monarki, ada sedkit bahasan tentang Khilafah & Khalifah. Saat ini, saya akan menulis tentang pengertian Khalifah.

Khalifah secara umum adalah pemimpin, dan setiap manusia adalah khalifah bagi dirinya sendiri
Sedangkan secara khusus khalifah adalah pemimpin umat islam, ya pemimpin dalam segala hal. Baik pemimpin bidang agama, budaya, politik, negara, dan segala hal baik pemimpin dalam urusan dunia maupun urusan akherat.
Khalifah pertama umat islam adalah Nabi Muhammad SAW, beliau adalah pemimpin umat islam, sekaligus kepala negara & pemerintah madinah. Urusan penegak hukum juga menyadi urusan beliau.
Khalifah Kedua adalah Abu Bakar Ash-Shidiq
Khalifah Ketiga adalah Umar bin Khattab
Khalifah Keempat adalah Usman bin Affan
Khalifah Kelima adalah Ali bin Abi Thalib
untuk Syiah khalifah setelah Nabi Muhammad adalah Ali bin Abi thalib
Untuk saat ini, konsep khilafah mirip dg Ayatullah di Iran, Ayatullah adalah pemimpin besar negara Iran, pemimpin umat Syiah, penentu kebijakan negara Iran dengan jabatan seumur hidup. Beda Ayatullah & Presiden adalah, ayatullah memimpin dalam segala aspek, sedang presiden mengurus urusan pemerintahan saja tentunya dengan pengawasan dari ayatullah.
Konsep yang mirip lainnya adalah Paus di Vatikan, beliau adalah pemimpin umat Khatolik seluruh dunia,beliau juga kepala negara Vatikan, vatikan bisa disebut dengan Ibu Kota umat Khatolik.
Lalu, mengapa konsep khalifah tidak bisa dilaksakan pada saat ini?
Karena umat islam sekarang memiliki negara masing², untuk pembentukan khilafah haruslah dengan persetujuan seluruh negara yang memiliki penduduk muslim. Jadi, bisa dibayangkan bahwa konsepnya nanti apakah mirip dg Khulafaur Rosyidin (Abu bakar, Umar, Usman, Ali) atau dengan konsep mirip Vatikan.

Berdasarkan hal tersebut, apakah kira² bakal disetujui, saya rasa tidak karena masing² negara dengan penduduk muslim sekarang memiliki sistem negara masing², memiliki budaya masing² yang tentunya berbeda.

Sehingga untuk saat ini konsep Khilafah tidak bisa diterapkan. Dan yang jelas di dunia ini hanya ada satu khalifah pada satu masa.

Jadi bisa disimpulkan sekumpulan orang yang berteriak² terapkan khilafah di Indonesia adalah sekumpulan orang yang tidak paham konsep Khilafah atau orang² yang hanya sekedar ikut²an.

No comments:

Post a Comment